Kamis, 19 Agustus 2010

TIP BUAT IBU-IBU AGAR ANAKNYA YANG BERPUASA TETAP SEHAT

Tidak terasa kita semua telah hampir sembilan hari menjalani puasa Ramadhan ini. Sebagai seorang ibu yang memiliki anak usia sepuluhan tahun yang sedang berpuasa maka aku melakukan berbagai upaya supaya puasa anakku tersayang dapat berjalan lancar dan stamina tetap terjaga sampai menjelang buka. Walaupun memang ketika menjelang waktu sahur, anakku agak sulit untuk dibangunkan, karena kemungkinan waktu tidur yang berkurang. Kebetulan pula alhamdulillah wa syukurilah anakku setiap malam selalu tarawih dan juga ikut bertadarus Al Qur'an bersama bapak-bapak di Masjid, sekalipun ayahnya sedang ada di luar kota. Hal tersebut mengakibatkan dia terkadang harus disuapin bahkan untuk menyantap makanan sahurnya. Tapi ya sudah tidak apa-apa bagiku paling tidak asupan makanan cukup bagi dia. Walaupun jadwal makan kita berubah karena Ramadhan ini tetapi kebutuhan kalori  tentunya harus terpenuhi terutama bagi anak-anak, kalau tidak salah adalah sekitar 1500-1800 kalori. Nah lumayan kan. Untuk itu aku hanya sharing aja supaya dalam pengisian'bahan bakar' anak kita tetap baik dan memenuhi persyarakatan kesehatan. Adapun tip yang aku lakukan adalah:
  • melakukan pola makan yang benar bagi anak, artinya harus seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lain sebagainya, ya gampangnya empat sehat lima sempurna. karena namanya anak-anak kadang-kadang tetap mekan seenaknya dan langsung meraup makanan yang ada ketika berbuka, iya kan??Jangan lupa tetap berikan buah-buahan. Kalau anakku agak susah kalau dalam makan buah dalam bentuk buah, jadi dibuat jus terlebih dahulu.
  • minum air dan asupan cairan harus cukup, ya kurang lebih 2 literan, untuk masalah minum ini kebetulan anakku tidak terlalu rewel jadi mudah saja terutama diawali dengan air putih terlebih dahulu. Jangan lupa saat makan sahur berikan satu gelas susu. Pokoknya kalau sahur mirip dengan sarapan seperti biasa hanya waktunya lebih awal. Sahurnya juga mendekati imsyak aja
  • mengupayakan agar anak tetap berolahraga. Tapi yang ringan saja seperti jalan kaki menjelang buka. Biasanya dia jalan jalan ke lapangan jam lima sorean sama adiknya.
  • tidur harus cukup. Walaupun kalau siang anakku agak sulit tidur tetapi paling tidak dia cukup memenuhi  delapan  jam waktu tidurnya. Ini tidak mudah.
  • memilih menu buka dan sahur dengan seimbang.serta nutrisi yang seimbang. Ini dapat membantu anak-anak  untuk tetap berdaya tahan tubuh baik.
  • Selalu membuat anak senang berpuasa dengan berbagai cara. Dengan cara ini akan lebih ringan dalam menjalaninya.Pasti para ibu  lebih jago dalam hal ini. Karena setiap anak beda.beda.
Semoga tip ini bisa bermanfaat dan anak kita sukses menjalani puasa dengan full.Amien





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar