Selasa, 03 Agustus 2010

APAKAH SIDANG SKRIPSI ITU MENAKUTKAN?

Salahsatu yang sering dihadapi oleh para mahasiswa yang tinggal selangkah lagi menjadi'sarjana' adalah ketakutan dalam menempuh 'sidang'skripsi...Ada yang beranggapan bahwa dalam sidang itu kita'diadili seperti halnya orang yang tidak mampu berbuat apa-apa.Padahal  sebetulnya salah besar, karena dalam sidang itu sesungguhnya adalah sebuah tantangan yang harus dilakukan.Karena suatu saat nanti itu menjadi kenangan yang mungkin akan menjadi nasihat pada generasi setelah anda walaupun tantangan itu bisa berhasil ataupun tidak berhasil. Tetapi manakala kita gagal bukan berarti hidup kita terus gelap gulita tanpa ada harapan, justru disaat itulah kita diharapkan dapat mengambil hikmah dari kegagalan. Adapun tip yang bisa dilakukan untuk menghadapi sidang skripsi adalah:
1. sidang skripsi harus kita anggap sebagai sesuatu yang justru kita tunggu-tunggu..karena apa, sebentar lagi kalau kita lulus maka gelar idaman akan ada di tangan kita, dan sekaligus siapa tahu kita akan menjadi anak idaman, calon menantu idaman dan lain-lain
2. yakinlah bahwa anda bisa, karena skripsi yang telah dibuat adalah betul-betul hasil karya sendiri...(ini penting karena kalau skripsi itu bukan hasil sendiri bahkan kalau itu hasil plagiat maka ancaman dilepas gelar anda sudah menanti
3. skripsi itu pasti telah dibuat dengan proses yang panjang dan pasti anda tahu betul apa yang ditulis...maka jangan takut..
4. kalau ada kelemahan, itu wajar...tetapi hal itu harus menjadikan anda terus belajar
5.dan yang lebih penting skripsi itu harus dikerjakan serius tidak bisa main-main, karena skripsi adalah hasil pemikiran ilmiah..maka jangan lupakan hal ini.
6. tetap tidur dan istirahat ketika besok akan menghadapi sidang skripsi
7. jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan YME dan jangan lupa minta doa pada kedua orangtua kita
8. terakhir, selamat menikmati sidang skripsi...anda pasti bisa!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar