Dwi
Kartikawati
Universitas
Nasional
Jalan
Sawo Manila Pasar Minggu Jakarta
ABSTRAK
Perkembangan
situasi sekarang yang mengglobal mengakibatkan terjadinya berbagai pengaruh
kebudayaan, sehingga memunculkan kesadaran
kebudayaan lokal yang dimiliki sebagai sebuah identitas yang penting.
Kotagede Yogyakarta adalah sebuah kultural heritage harus mampu
memelihara nilai-nilai kebudayaan lokal tersebut. Salahsatu penguatan identitas itu
dibangun melalui media sosial facebook. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah bagaimana representasi identitas kebudayaan lokal
melalui media sosial facebook pada akun grup facebook Kotagede Yogyakarta. Asumsi pokok yang dibangun,yaitu budaya
merupakan representasi
dunia dimana kebiasaan ataupun ritual sebagaimana isi media di dalamnya
ditampilkan kembali ditandai dengan cara tertentu sesuai dengan konvensi yang
ada, yang menumbuhkan kesadaran identitas kebudayaan lokal yang dimiliki,
salahsatunya dengan media sosial facebook. Kajian penelitian ini barangkat dari
paradigma konstruktivisme, dengan metode analisis semiotika untuk menentukan
tanda-tanda yang menunjukkan identitas kebudayaan lokal yang didukung dengan
data wawancara. Hasil penelitian pada tataran teks dengan metode semiotika
Peirce melahirkan representasi identitas kebudayaan lokal, antara lain
identitas makanan khas Kotaged; identitas profesi; identitas seni khas Kotagede;
identitas pakaian; identitas bahasa khas Kotagede; identitas agama Islam yang
kuat; identitas kekerabatan khas,seperti
tirakatan, layatan, pengajian, dan lain sebagainya; identitas peralatan dan teknologi yang
berwujud pada alat transportasi andong, becak, dan lain lain; serta peralatan
pendukung pekerjaan utama di Kotagede. Ekspresi kebudayaan lokal ini secara
tidak langsung menghidupkan semangat, kekuatan
komunikasi dan identitas yang diwujudkan melalui pengejawantahan
identitas kebudayaan lokal dalam bentuk guton maton dan dalam bentuk guyup
rukun saekoproyo, yaitu kebersamaan dalam kerukunan dan bekerja bersama- sama melalui sesrawungan yang khas yang
dilakukan melalui media sosial facebook.
Kata kunci:
representasi, identitas, kebudayaan lokal, media sosial, facebook
Bacaan Lengkap dapat diperoleh:
1. Perpustakaan Universitas Nasional Jakarta
2. Buku Membayangkan Indonesia Baru Indonesia in New Wave Konferensi Kajian Komunikasi, Budaya, dan Media Conference on Communication, Culture, and Media Studies Yogyakarta, 10-11 Desember 2014, penerbit Program Studi Ilmu komunikasi UII
JI. Kaliurang Km,14,5 , Besi, Sleman Yogyakarta 55584 Telp./Faks: 0274-898444 ext 3267e-mail: komunikasi@uii.ac.id
JI. Kaliurang Km,14,5 , Besi, Sleman Yogyakarta 55584 Telp./Faks: 0274-898444 ext 3267e-mail: komunikasi@uii.ac.id
3. Perpustakaan Heritage Kotagede Yogyakarta dengan menghubungi Ibu Shinta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar