Kamis, 02 Juni 2011

PUBLIC RELATIONS DAN MANAGEMEN KRISIS

Apa itu Krisis?
masa gawat atau saat genting, dimana situasi tersebut dapat merupakan titik baik atau sebaliknya. Oleh karena itu masa krisis adalah momen-momen tertentu. Apabila krisis ditangani dengan baik dan tepat waktu, momen mengarah pada situasi membaik, dan sebaliknya apabila tidak segera ditangani, krisis mengarah kepada situasi memburuk, bahkan dapat berakibat fatal (dikutip dari Soemirat, Soleh& Elvinaro Ardianto, 2007:182).

sumber krisis
1. bencana
2. kondisi darurat yang datang secara tiba-tiba atau suatu perkembangan kondisi darurat ini seperti sabotase produk perusahaan atau produk yang mengandung racun.
3. penanaman bom atau suatu pemogokan karyawan perusahaan.
4. rumor yang jelek tentang perusahaan atau produk
5. adanya letupan seperti boikot dari berbagai aktifitas (semacam LSM), permintaan pemerintah menarik produk (seperti penertiban produk obat belum lama ini), penculikan eksekutif perusahaan.(Lesly, 1993:25).

Empat tahap krisis (Fink dalam Kasali, Rhenald, 2007:225-230
1. Tahap prodromal
Tahap ini biasanya muncul dalam tiga bentuk yaitu:
a. jelas sekali
b. samar-samar
c. sama sekali tidak kelihatan
2. Tahap akut
inilah tahap ketika orang mengatakan ‘telah terjadi krisis’.
3. Tahap kronik
tahap ini sering disebut sebagai the clean up phase atau the
post mortem. Sering tahap ini disebut tahap recovery atau self
analysis.di dalam perusahaan tahap ini ditandai dengan
perubahan structural. Mungkin penggantian managemen,
mungkin penggantian pemilik, dan lain-lain
4.Tahap resolusi
adalah tahap penyembuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar